Home » » Klasifikasi Profesi Psikologi

Klasifikasi Profesi Psikologi



Psikologi merupakan suatu displin ilmu mengenai penelitian ilmiah tentang perilaku mental. Bukan hanya menjelaskan apa yang kita lakukan dan bagaimana kita berperilaku, namun juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik tindakan kita. Mulai dari pemikiran persepsi, pengakuan kognitif, dan hubungan interpersonal, teori dan informasi psikologi seringkali digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam serangkaian aktivitas manusia yang luas.

 Macam-macam klasifikasi Profesi Psikologi :

A). Psikologi pendidikan
Psikologi pendidikan adalah perkembangan dan kemajuan dari psikologi perkembangan dan psikologi sosial, sehingga hampir sebagian besar teori-teori dalam psikologi perkembangan dan psikologi sosial digunakan dan diterapkan pada psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan mempelajari bagaimana manusia belajar dalam setting pendidikan, keefektifan sebuah pengajaran, cara mengajar, dan pengelolaan organisasi sekolah. serta apa-apa yang tibul dari sekolah atau tempat pendidikan, seperti kenakalan pelajar,prestasi,perkembangan siswa dan masih banyak yang lainnya apapun itu yang dihasilkan dari proses pendidikan maupun orang yang mendidik (guru).adapun salah satu dari sekian banyak profesinya adalah sebagai berikut;
1.guru bimbingan konseling
2.dosen psikologi di suatu universitas contohnya; dibidang perkembangan,sosial, klinis, perilaku indrusti, umum dan masih banyak lainnya.
3.guru sekolah kepribadian
4.guru bimbingan belajar mengajar
5.guru ngaji/ guru agama

B). Psikologi Industri dan Organisasi
Psikologi industri memfokuskan pada menggembangkan, mengevaluasi dan memprediksi kinerja suatu pekerjaan yang dikerjakan oleh individu ataupun suatu kelompok,adapun psikologi organisasi adalah mempelajari bagaimana suatu organisasi memengaruhi dan berinteraksi dengan anggota-anggotanya dan terhadap lingkungannya. hal yang menyangkut profesinya adalah sebagai berikut: 

1. Human Resources Development (HRD), HRD di dalam industri ada beberapa penyebutan misalnya Human Resources Management (HRM), Human Resources Develompent (HRD), Human Resources (HR), Human Capital (HC). Bidang pekerjaanya adalah handle berkaitan dengan sumber daya manusia yang ada di perusahaan.  Macam-macam HRD : HR Operation, bidang kerjanya berkaitan dengan operasional karyawan semisal absensi, klaim pengobatan, Compensation and Benefit (CB) berkaitan dengan payroll atau penggajian karyawan include dengan bonus dan privilege untuk karyawan lainnya, Recruitment berkaitan dengan penerimaan karyawan dari hulu sampai hilir dari seleksi sampai test psikologi dan interview, Organization Developmet (OD) berkaitan dengan pengembangan organisasi dan berikut berkaitan dengan performance management, Training and Development (TD) berkaitan dengan training untuk pemenuhan kompetensi karyawan dan program pengembangan karyawan.

2. Konselor, lulusan psikologi memungkinkan untuk menjadi seorang konselor misalnya konselor remaja atau yang lainnya, di perusahaan yang levelnya besar jabatan konselor ini ada yang fungsinya berkaitan dengan konseling dengan karyawan yang membutuhkan. Kalau di luar perusahaan biasanya LSM atau NGO yang consent terhadap remaja, anak atau gender.dan masih banyak lainnya.

3. Trainer, jika menyukai yang berkaitan dengan pelatihan, pekerjaan menjadi trainer bisa untuk di coba. Trainer disini bisa ikut lembaga training ataupun brand secara personal. 

C). Psikologi Klinis
Adalah bidang ilmu psikologi dan juga penerapan psikologi dalam memahami, mencegah dan memulihkan keadaan psikologis individu ke ambang normal atau ke keadaan semula.
hal-hal yang menyangkut profesi psikologi klinis adalah sebagai berikut ini;
1. Psikolog klinis Rumah sakit
2. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus
3. Psikolog klinis puskesmas
4. Menangani orang- orang yg stess atau ingin konsultasi

D). Psikologi sekolah
Psikologi sekolah adalah ilmu psikologi yang  berusaha menciptakan situasi yang mendukung dan efektif bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuan akademik, sosialisasi, dan emosi mereka.
hal-hal yang menyangkut Profesi psikologi sekolah adalah sebagai berikut;

1. Guru BK
2. Dosen Psikologi
3. Guru sekolah kepribadian
4. Penulis /pengarang Buku
5. Penerjemah buku

E). Psikologi Sosial
Cabang Psikologi Sosial tertarik dengan perilaku sosial manusia (interaksi antara satu manusia dengan manusia lain): komunikasi nonverbal, rasisme, perilaku sebuah kelompok, interaksi sosial, dan lain-lain. Ahli di cabang ini biasanya lebih mampu mengatasi masalah psikologi kemasyarakatan daripada individu.
hal-hal yang menyangkut Profesinya adalah sebagai berikut ini:

1. Peneliti di LSM perusahaan disuatu daerah
2.Dapat bekerja di LSM atau NGO yang menjamur di Indonesia. Baik yang berkaitan dengan masalah sosial ataupun penyakit ataupun gangguan jiwa. Banyak LSM yang konsen misalnya terhadap masalah sosial, anak gelandangan, pengemis, gelandangan psikotik, masalah anak yang terlantar dan mengalami kekerasan, pengembangan komunitas. Sangat luas sekali. Sedangkan untuk di pemerintahan juga ada, namanya pekerja sosial. Misalnya di kementrian sosial atau kementrian kesehatan membutuhkan banyak sekali pekerja sosial lulusan psikologi.
3. Peneliti kebijakan public 
4. Peneliti kebijakan perusahaan
5. Peneliti di BUMN
6. peneliti gejala sosial

F). Psikologi Kepribadian
Beda dengan yang satu ini dari segi pengertiannya. Profesi ini mempelajari setiap orang yg unik, dan cabang psikologi ini mencoba memetakan kepribadian-kepribadian yang ada di dunia. Misalnya, dengan alat ukur yang sudah distandarkan, ahli di cabang ini bisa mengetahui apakah kamu seorang ekstrovert atau introvert.

G). Psikologi Kesehatan
Profesi ini mempelajari tentang cara untuk menjaga kesehatan dan menghadapi masa sakit. Mereka memiliki kompetensi untuk menasihati pasien, keluarga pasien atau bahkan orang yang masih sehat tentang cara untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tetap sehat. 

H). Psikologi Forensik
Psikologi Forensik berhubungan dengan bidang hukum. Pekerjaan mereka adalah memberikan kesaksian ahli di persidangan, mewawancara anak yang dicurigai menjadi korban abuse, membantu anak menyiapkan diri untuk memberi kesaksian, dan mengukur kondisi mental terdakwa.
I). Psikologi Cross-cultural (lintas-budaya)
Psikologis lintas budaya adalah antara struktur psikologis manusia dari beberapa budaya yang berbeda. Misalnya, perbandingan motivasi berprestasi dari orang Indonesia yang memiliki budaya kolektif dengan motivasi berprestasi orang Singapura yang lebih individualistis. Psikolog yang mendalami studi lintas-budaya biasanya tidak terlalu menajamkan kemampuan memberi terapi, tapi lebih ke kemampuan pengukuran psikologi.

J). Psikologi Perkembangan
Psikologi perkembangan adalah pilihan yang tepat untuk gangguan psikologis yang berhubungan dengan perkembangan (pertumbuhan) manusia, seperti yang dijabarkan di awal tulisan ini. Mereka mempelajari kematangan perkembangan pikiran manusia di masa muda, serta penurunan kualitas pikiran di masa tua. Mereka biasanya lebih sensitif dengan anomali (penyimpangan) yang sebenarnya normal, yang merupakan bagian dari perkembangan diri mereka.

K). Psikologi Forensik
Psikologi Forensik berhubungan dengan bidang hukum.profesi mereka adalah memberikan kesaksian ahli di persidangan, mewawancara anak yang dicurigai menjadi korban abuse, membantu anak menyiapkan diri untuk memberi kesaksian, dan mengukur kondisi mental terdakwa.

L). Psikologi Eksperimental
Psikolog eksperimental adalah mereka yang bekerja di laboratorium (baik laboratorium di ruangan mau pun laboratorium terbuka yang berada di masyarakat) untuk membuktikan hal-hal yang mempengaruhi kondisi psikologi seseorang. Misalnya, dengan bekerja sama dengan ahli Psikologi Pendidikan, mereka mencari tahu efek suara bising dengan kemampuan seorang murid untuk menyerap materi pelajaran.
Sekian dan terima kasih atas kunjungannya salam hormat admin...

0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di blog ini silahkan berkomentar..!!!