Home » » Manfaat Tanaman Bangle/Kunyit

Manfaat Tanaman Bangle/Kunyit

Khasiat Tanaman obat [ Bangle / Kunyit ]

Nama daerah: mugle, bungle, kunyit bola, panglai, bangalai, kukunir, dan unin pakei
Nama asing: purple gingger

Kandungan kunyit dan efek farmokologis: Pada bagian Rimpangnya itu mengandung minyak asiri  yang dengan nama lain disebut dengan (sineol,pinen),dan juga kandungan lainnya seperti; damar, pati, dan tanin. Rimpangnya pun mempunyai aroma yang khas dan juga mempunyai rasa pahit dan sedikit pedas, yang mempunyai khasiat menurunkan panas (antipirektik), peluruh kentut (karminatif), pencerah dahak (expectorant), pembersih darah, pencahar (laksan), obat cacing (vermifuge), dan juga anti-icteric atau (penderita hepatitis).
 Kandungan kunyit dan efek farmokologis

Pemanfaatan tanaman kunyit: Bagian Rimpang pada kunyit sering digunakan untuk menurunkan demam, masuk angin, perut selilit, sakit kepala migran, liver (sakit kuning), pegal-pegal, nyeri sendi, cacingan, radang selaput lendir mata, lemah jantung, gangguan saraf dan juga sebagai jamu kesehatan dan meningkatkan stamina dalam tubuh. Selain itu kunyit/bangle juga bisa digunakan untuk membantu dan mempercepat proses pelangsingan pada tubuh seorang wanita yang telah melahirkan.

Budidaya tanaman bangle/kunyit: Bisa dengan menggunakan rimpang dari bangle,dan juga tanaman bangle ini harus mendapatkan air yang cukup agar selalu lembab dan juga pemberian pupuk yang cukup. Usahakan ditempatkan di tempat yang tidak secara langsung terkena sinar matahari secara langsung (teduh).
 Pemanfaatan tanaman kunyit

Nah itu dia sedikit sedikit penjelasan tentang beberapa  manfaat dan kandungan kimia yang terdapat pada tanaman Bangle/Kunyit,dan semoga bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih telah membaca. wassalamualaikum.wr.wb.....

0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di blog ini silahkan berkomentar..!!!