Home » » Manfaat Tanaman Adas

Manfaat Tanaman Adas

Adas (Foeniculum vulgare Mill)
Nama daerah: Adas manis, adas pedas, hades, adase, rempuse.
Nama asing: Fennel (Inggris), nama simplisia Foeniculli herba atau Oleum foeniculli.
  • Kandungan adas dan efek farmokologis:Tumbuhan yang ini sangat banyak mengandungan kandungan kimia. Yang diantaranya, adalah minyak terbang (0,3-70 %) dengan kandungan anethol yang sangat tinggi, zat pahir, fanhom, kamfem, ( tonik), dipenten, metil chavikol, dan anis keton. Efek farmokologi yang terdapat pada adas adalah sebagai aprodisiak(obat perangsang) yang dapat membuat rangsangan pada tubuh manusia, antihepatotoksik, dan estrogenik.
tanaman adas segar
manfaat dan kandungan kimia tanaman adas
  • Pemanfaatan tanaman adas: Seluruh bagian tanaman adas dapat digunakan sebagai obat. Berikut beberapa penyakit yang dapat di obati dengan adas adalah hepatitis, lemas syahwat, batuk, mules, dan osteoporosis. Penggunaanya dengan cara memakan langsung ketika segar atau bisa juga dengan merebus adas kemudian minum airnya.atau juga bisa dengan cara di keringkan dan dgerus sampai halus,kemudian direbus dan diambil sari patinya.

  • Budidaya tanaman adas: dengan menggunakan biji yang sudah dikeringkan terlebih dahulu sebelum ditanam.
penanaman benih adas siap tanam

Nah itu dia sedikit penjelasan tentang beberapa manfaat tentang tanaman adas yang sangat bermanfaat untuk kita, dari mulai kandungan kimia ,pemanfaatan sampai ke cara penggunaan yang sederhana,itulah penjelasannya ,semoga bermanfaat untuk kita semua,terima kasih telah membaca,
wassalamualaikum.wr.wb..

0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di blog ini silahkan berkomentar..!!!