Home » » Manfaat Lengkuas dan Kandungan Kimia

Manfaat Lengkuas dan Kandungan Kimia

khasiat dan manfaat tanaman lengkuas

Nama daerah: laja, halawas, lawas, laos, lahwas, lingkuas.
Nama aisng: galangal, grote galangal, java galangal.
Nama simplisia: languatis rhizome, fructus alpaniae (buah lengkuas)
  • Kandungan lengkuas dan efek farmokologis: Tanaman yang satu ini banyak mengandung senyawa kimia yang sangat baik untuk tubuh. Buahnya juga mengandung caryophyllene oxide, caryophyllene 1, 2, isorhamnetin, kaemferide, galangin, dan galangin 3.sedangkan pada bagian rimpangnya mengandung asiri sebanyak 2%, metilsinamat, sineol, kafer, eugenol, galangol, dan juga galangol. Selain bersifat diuretik, tanaman lengkuas juga memiliki textur rasa yang sedikit pedas( mint), hangat, dan juga berguna untuk mentralisir racun, menurunkan panas, menghilangkan rasa sakit, obat jamur, menyegarkan tubuh, memperkuat sistem lambung, dan juga meningkatkan nafsu makan (stomakik) seseorang.
  • Pemanfaatan tanaman lengkuas: Bagian lengkuas yang bisa dimanfaatkan adalah pada bagian Rimpangnya, karna rimpang merupakan bagaian pada tanaman lengkuas yang banyak digunakan oleh orang untuk pengobatan (obat). Baik digunakan dalam keadaan segar maupun dalam keadaan kering. Yang pada umumnya lengkuas hanya dijadikan untuk bumbu dapur saja, padahal Lengkuas bisa dijadikan sebagai obat untuk pengobatan luar maupun dalam.
bumbu dapur lengkuas sebagai obat

Cara pengobatan dari luar dengan Lengkuas; yaitu bisa dengan cara mencuci lengkuas dengan air sampai bersih, kemudian iris lengkuas menjadi 2 atau 3 bagian, dan bisa langsung ditempelkan pada bagian tubuh yang ingin diobati, gosok ataupun ditempel , pengobatan dari luar biasanya untuk penyakit seperti: mengobati kadas, panu, kurap, bercak pada kulit, radang telinga, masuk angin dan juga masih banyak lainnya yang bisa diobati dengan lengkuas.
Cara pengobatan dari dalam dengan Lengkuas; lengkuas yang masih segar ataupun yang sudah kering direbus, kemudian minum air hasil rebusannya.atau juga bisa dengan meminum kapsul obat yang terdapat serbuk lengkuas yang sudah diolah menjadi obat kapsul siap konsumsi
  • Budidaya lengkuas: bisa langsung dengan cara menanam rimpangnya ,karna memang mudah untuk tumbuh..
Nah itu dia sekilas informasi tentang khasiat dan manfaat tanaman lengkuas yang bisa kita jadikan solusi untuk penyembuhan beberapa penyakit yang kita alami, terima kasih telah membaca dan selamat mencoba. salam hormat admin wassalamualaikum.wr.wb.

2 komentar :

Terima kasih telah berkunjung di blog ini silahkan berkomentar..!!!