Home » » Khasiat Tanaman Obat Kumis Kucing

Khasiat Tanaman Obat Kumis Kucing

khasiat tanaman obat kumis kucing I posterkita

Kumis kucing / orthosiphon aristatus B1
Nama daerah : remujung, sesalaseyan dan seongot koceng

Kali ini masih dengan beberapa manfaat tanaman obat untuk kesehatan admin akan menjelaskan khasiat tanaman obat kumis kucing, karna masih banyak dari kita yang belum tahu tentang khasiat dan manfaat dari tanaman kumis kucing untuk kita semua.berikut penjelasan kandungan kumis kucing, efek farmokologis, pemanfaatan bagian tanaman, dan juga cara budidaya tanaman kumis kucing;

Kandungan Kumis Kucing: tanaman yang satu ini mempunyai kandungan senyawa kimia seperti; orthosiphon, glikosida, zat samak, minyak asiri, minyak lemak, sapofonin, garam kalium, tanaman kumis kucing mempunyai rasa yang sedikit asin,pahit, dan juga rasa sepet di lidah. Selain bersifat diuretik tanaman kumis kucing juga berkhasiat sebagai anti-inflamatory [antiradang] dan juga berkhasiat sebagai penghancur gejala batu pada saluran kemih.  Yang secara keseluruhan dihasilkan dari seluruh bagian tanaman kumis kucing [orthosiphon aristatus B1] tersebut. 

Pemanfaatan Kumis Kucing: tanaman kumis kucing hampir semua dapat digunakan seperti bagian daun,batang,akar sampai ke bagian bunganya sekalipun. Pemakaian kumis kucing dalam keadaan segar maupun kering juga bisa tergantung keinginan kita untuk menggunkannya. Tanaman kumis kucing juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi kantung kemih, kencing batu, encok, asam urat, infeksi saluran kencing atau kencing sedikit-sedikit (anyeng-anyengan) dan juga keputihan pada wanita dan juga masih banyak lagi penyakit yang dapat disembuhkan seperti penyakit-penyakit yang memerlukan efek diurvetik.

Budidaya Tanaman Kumis kucing: budidaya tanaman ini bisa dengan menggunakan stek batangnya. Yaitu dengan cara stek batang tanaman kumis kucing sekitar 15-20 cm dan juga mempunyai sekitar 3atau 4 mata tunas yang cukup tua. Atau juga bisa dengan menggunakan stump, yaitu dengan mencabut tanaman kumis kucing yang tumbuh liar kemudian pindahkan pada media tanam  yang sudah disiapkan, dengan polibeg atau dangan pot berukuran besar.

Nah itu dia sedikit penjelasan tentang manfaat dan khasiat dan juga yang berkaitan dengan tanaman kumis kucing dari mulai kandungan,khasiat,pemanfaata, sampai ke cara budidayanya, dan juga beberapa macam penyakit yang dapat diobati dengan tanaman kumis kucing. sekian dan terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Wassalamualaikum.wr.wb. salam hormat admin...

0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di blog ini silahkan berkomentar..!!!